PROFESI DESIGN LIVERY BUS YANG JARANG DI TEMUI

Profesi adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh sebagian orang yang dimana profesi tersebut mereka lakukan demi mendapatkan nafkah untuk menghidupi keluarganya. Profesi apapun bisa dilakukan di zaman sekarang, desginer salah satunya yang masih dipandang oleh banyak orang. Miftahul Fauzi yang memilih profesi sebagai desginer livery bus, itu adalah profesi yang menekuni sebuah pembuatan design tampilan bus yang di buat sedemikian rupa dan dibuat atas permintaan owner yang mempunyai perusahaan bis tersebut.

Fauzi telah menjalani profesi ini sekitar 2 tahun, bermula dari kegemaran atau kecintaannya dengan salah satu transportasi bus di Indonesia ini membuatnya tertarik dengan sebuah design yang ada pada tampilan-tampilan bus yang ada. Ketertarikannya itu membuat Fauzi mencoba untuk membuat design yang sederhana, sehingga terwujudnya suatu design yang membuat design tersebut di pakai pada salah satu perusahaan bus.

Keunikan pada profesi ini ialah dimana hanya berawal dari hobi yang tidak di tekuninya hingga menjadi sebuah profesi yang bisa jadi itu adalah mata pencaharian untuk menghidupi keluarganya sehari-hari. Keluarganya pun tak ada yang keberatan dengan profesi yang di jalaninya saat ini, sehingga dukunganpun tak lepas dari keluarganya tersebut.

Di pulau jawa khususnya tidak banyak yang menekuni profesi sebagai designer livery bus ini, sekitar 15 orang yang mungkin bisa dibilang menekuni profesi ini hingga ia telah di kenal oleh kalangan perusahaan bus ataupun para pecinta bus yang biasa di sebut ‘bismania’. Tak jarang design-design yang telah di buat itu pun di jiplak atau dibuat sama persis dengan pen-desgin aslinya, hanya biasanya di rubah ataupun di tambahkan pada bagian-bagian tertentu design tersebut. Masalah itu sering di temukan, bahkan adapula perusahaan yang mengambil desgin tersebut tanpa sepengetahuan si pen-designnya tersebut.

Design livery bus ini di budget dalam 2 tipe, yaitu ready stock sekitar 700 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Sedangkan untuk pemesanan yang di inginkan oleh owner perusahaan bus tersendiri bisa sekitar 1,5 juta rupiah hingga 2 juta rupiah. Design livery bus ini dapat di kerjakan dalam waktu 1 bulan atau bahkan bisa lebih lama, karena sesuai dengan kesulitan desgin itu sendiri.

Jadi, dalam profesi ini termasuk dalam profesi unik karena jarang seorang yang gemar men-design untuk menekuni hingga hobi tersebut menjadi profesi tetap yang digunakan untuk mata pencaharian seseorang sehari-hari.

Untuk melihat videonya silahkan klik link dibawah ini :

https://youtu.be/NcAs-LJwqxA

Leave a Reply